Mode – Fenomena sosial

 

Mode – Fenomena sosial

Mode adalah fenomena sosial yang terjadi di banyak bidang aktivitas dan pemikiran manusia. Rumah mode dan perancang busana yang terkait, serta konsumen dengan status tinggi (termasuk selebriti), tampaknya berperan dalam menentukan tingkat dan arah perubahan mode. Mode ada di udara, di jalan; fashion ada hubungannya dengan ide, cara kita hidup, apa yang terjadi. Fashion adalah bidang yang didominasi oleh wanita dan terutama dimaksudkan untuk melayani wanita.

Mode

Mode pria sebagian besar berasal dari model militer, dan perubahan dalam siluet pria Eropa digembleng di zona perang Eropa, di mana petugas pria memiliki peluang untuk membuat catatan gaya asing: contohnya adalah dasi atau dasi "Steinkirk". Laju perubahan meningkat pada 1780-an dengan meningkatnya publikasi ukiran Prancis yang menunjukkan gaya terbaru Paris; meskipun sejak abad keenam belas boneka yang didistribusikan dari Prancis dijual sebagai pola dan Abraham Bosse telah menghasilkan ukiran mode dari tahun 2020-an. Meskipun penjahit dan penjahit bertanggung jawab dua kali untuk banyak inovasi, dan industri tekstil jelas menyebabkan banyak tren, sejarah desain mode biasanya diadakan sejak tahun 1858, ketika Charles Frederick Worth, lahir di Inggris, adalah rumah adibusana pertama di Paris. dibuka. Sejak itu, desainer profesional telah menjadi sosok yang semakin dominan, terlepas dari asal mula banyak mode jalanan.

Penata gaya adalah orang yang dapat mengoordinasikan pakaian, perhiasan, dan aksesori yang digunakan dalam foto fesyen & pertunjukan catwalk. atau jenis desainer yang desainnya didasarkan pada hal-hal yang ada, tren dan koleksi desainer. Pembeli bertanggung jawab untuk memesan stok pakaian untuk toko, terutama rantai ritel yang lebih besar. Seorang ilustrator menggambar dan mengecat pakaian untuk penggunaan komersial. Ilustrator berbakat - termasuk Paul Iribe, George Lepape dan George Barbier - menandatangani album fashion yang indah untuk publikasi ini, yang mencakup perkembangan terkini dalam fashion dan kecantikan. Seorang model memodelkan pakaian di peragaan busana atau di foto.

Musim

Desain fashion berbeda dari desain kostum karena produk inti dengan penuaan bawaan biasanya satu hingga dua musim. Musim didefinisikan sebagai musim gugur / dingin atau musim semi / musim panas. Koleksi siap pakai biasanya disajikan setiap musim oleh rumah mode selama periode yang dikenal sebagai Fashion Week. Mereka sering menunggu sekitar musim untuk memastikan bahwa gaya menarik sebelum memproduksi versi mereka sendiri dari tampilan aslinya. Untuk melakukan ini, mereka melihat apa yang telah arah mode di musim sebelumnya, mengawasi apa yang dilakukan orang lain di dunia mode dan membaca majalah tentang prognosis mode. Mereka juga mengandalkan pengetahuan dari pelanggan mereka sendiri untuk melihat gaya mana yang berhasil dan mana yang kurang populer di musim-musim terakhir.

Mode dapat sangat bervariasi dalam suatu masyarakat, tergantung pada usia, kelas sosial, generasi, pekerjaan dan geografi, serta seiring waktu.


Source by Trishia Lopez